Minggu, 27 Maret 2016

Perintah Dasar Transformasi Object Pada Blender 3D


Perintah Dasar Transformasi Object Pada Blender 3D


Haloooo selamat siang...bertemu lagi dengan saya. Pada tutorial blender kali ini saya akan menjelasakan tentang cara mengenal  Transformasi Object 3 Dimensi pada Blender. Hal ini sangatlah  penting karena merupakan pondasi dalam menguasai dan membuat object 3D di Blender.
Transformasi Object pada 3 Dimensi ada 2 yaitu Object Mode dan Edit Mode. Pertama saya akan menerangkan tentang Object Mode.
Baik kita langsung saja membahasnya....

Transformasi Object Mode
Terdapat 3 perintah dasar dalam melakukan transformasi suatu Object yaitu :

  1. Menggeser (G) = Menggerakkan dan Memindahkan Object,
  2. Me-Rotasi (R) = Memutar Suatu Object,
  3. Skala (S) = Merubah Ukuran Object dalam hal ini Memperbesar atau Memperkecil

Gambar objek Transformasi
Edit Mode pada Object 3D
Baik sekarang setelah menguasai Transformasi object,Maka tahapan selanjutnya yaitu menguasai Edit Mode pada Object 3 Dimensi. Berbeda dengan Object mode, Pada Edit Mode ini kita bisa mengatur Panjang - Lebar - Tinggu. Untuk mengubah dari Object Mode ke Edit Mode cukup dengan menekan tombol [TAB] pada keyboard anda.

tampilan edit mode pada blender


Pada Edit mode kita perlu mengetahui Vertex SelectEdge SelectFace Select.
  • Vertex : Titik Sudut pada Object

Transformasi vertex
  • Edge : Rusuk atau bisa disebut garis yang menghubungkan 2 buah sisi pada Bangun 3 Dimensi

Transformasi EDGE
  • Face : Sisi bangun 3 Dimensi atau Bidang yang terbentuk dari beberapa vertex yang saling terhubung.

Transformasi Face

Pada Edit Mode terdapat juga Penebalan Object (Extrude) dan Pemotongan Object (Loop Cut)

- Extrude adalah perintah untuk menambahkan penebalan pada object, untuk mengaktifkan fungsi / perintah ini maka tekan Tombol ( E ), lihat pada  gambar di bawah ini.


Extrude ( E )

- Loop Cut adalah perintah untuk menambahkan garis rusuk dan bisa di perbayak LOop cut nya dengan mengunakan scrool pada mose (Edge) baru pada sisi object (Face), untuk mengaktifkan perintah ini tekan Tombol (Ctrl + R)


Loop cut ( ctrl + R )

Itulah tadi penjelasan lengkap cara Transformasi Object pada Blender. Teman - Teman bisa mencobanya langsung pada aplikasi Blender agar lebih memahaminya. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi teman - teman.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar