Tutorial Membuat Gambar 3D Bunga Mawar di Blender Mengunakan gambar berformat PNG
Halloooo
ketemu lagi dengan saya. Hari ini saya akan memberikan tutorial tentang
bagaimana membuat sebuah objek bunga mengunakan gambar yang berformat PNG,
tentunya mengunakan aplikasi Blender.
Format gambar
PNG dianggap
sebagai file format image yang populer kedua setelah JPG, dan bahkan saat ini
penggunaannya sudah mengungguli format GIF. Ada berbagai keunggulan yang
dimiliki oleh Portable Network Graphics, utamanya adalah mendukung transparasi
atau disebut dengan Channel Alpha.
Kedua,
PNG mendukung untuk proses pengaturan gelap dan terangnya gambar atau citra,
fitur ini disebut Gamma. Serta yang ketiga adalah dukungan untuk penayangan
citra secara prograsif atau disebut progresif display. Saat ini PNG sering
digunakan untuk berbagai macam jenis foto pada sebuah situs website, meski
tetap JPG menjadi yang terbanyak.
untuk gambar PNG nya dapat di download di google atau buat sendiri mengunakan Adobe Photoshop.
Okeee,
sekarang kita akan membuat suatu objek 3D mengunakan gambar deformat PNG
1. Buka aplikasi blender
teman – teman.
2. Setelah itu hapus
kubusnya dengan menekan tombol X di
keyboard
3. Tekan Shift + A + mesh + plane.
4. Agara objek plane
tampilanya tampak atas tekan 7 di
keyboard dan 5 untuk tampilan Top Ortho.
5. Ubah blender render menjadi cycle render seperti gambar
di bawah ini.
6. Kemudian buat tampilan seperti gambar di bawah ini pergi ke material dan clik new.
7. Pada tampilan note
editor tekan Shift + A dan pilih texture lalu image texture
8. Lalu pada image texture masukan gambar bunga yg
berformat PNG dan di sambungkan nodenya.
9. Pada plane ganti objek mode menjadi edit mode dengan menekan tab
di keyboard dan seleksi semua.
10. Setelah itu tekan U di keyboard dan muncul UV mapping setelah itu pilih project
from view ( bounds )
11. Agar gambar format
PNG nya tampil dilayar, ubah solid menjadi
material seperti gambar di bawah ini.
12. Setelah itu tekan tombol W untuk memberikan subdivide pada objek plane dan isi number cutnya sebayak 10 seperti gambar
di bawah ini.
13. Kembali lagi ke node editor dan sekarang kita akan
menambah mix shader dan transparent BSDF dengan menekan shift + A seperti gambar di
bawah ini.
14. Kembali lagi ke objek
mode dan tekan 3 di keyboard untuk
masuk ketampilan right ortho seperti
gambar di bawah ini.
15. Tekan R untuk merotasi objek tersebut, dan isi kan nilai – 90 pada keyboard
seperti gambar di bawah ini.
16. Dan setelah itu tekan
tombol 3 agar tampilan tampak depan dan tampak objek bunganya
17. Dan sekarang coba
dirender dengan menekan F12, tapi sebelumnya ubah dulu view kameranya agar hasil render tampak depan dengan menekan Ctrl + Alt + 0 seperti gambar di bawah ini.
18. Hasil render.
Sampai
disini dulu teman – teman tutorial yang saya berikan...saya minta maaf kalau
ada kesalahan dalam kata-kata penulisan
tutorial ini....kedepanya saya akan berusaha lebih baik lagi...terimakasih dan
sampai jumpa...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar