Kamis, 24 Maret 2016

Tutorial Membuat Gambar 3D Bunga Mawar di Blender Mengunakan gambar berformat PNG

Tutorial Membuat Gambar 3D Bunga Mawar di Blender Mengunakan gambar berformat PNG



Halloooo ketemu lagi dengan saya. Hari ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana membuat sebuah objek bunga mengunakan gambar yang berformat PNG, tentunya mengunakan aplikasi Blender.


Format gambar PNG dianggap sebagai file format image yang populer kedua setelah JPG, dan bahkan saat ini penggunaannya sudah mengungguli format GIF. Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Portable Network Graphics, utamanya adalah mendukung transparasi atau disebut dengan Channel Alpha.

Kedua, PNG mendukung untuk proses pengaturan gelap dan terangnya gambar atau citra, fitur ini disebut Gamma. Serta yang ketiga adalah dukungan untuk penayangan citra secara prograsif atau disebut progresif display. Saat ini PNG sering digunakan untuk berbagai macam jenis foto pada sebuah situs website, meski tetap JPG menjadi yang terbanyak.

untuk gambar PNG nya dapat di download di google atau buat sendiri mengunakan Adobe Photoshop. 



Okeee, sekarang kita akan membuat suatu objek 3D mengunakan gambar deformat PNG

1.    Buka aplikasi blender teman – teman.

2.    Setelah itu hapus kubusnya dengan menekan tombol X di keyboard



3.    Tekan Shift + A + mesh + plane.



4.    Agara objek plane tampilanya tampak atas tekan 7 di keyboard dan 5 untuk tampilan Top Ortho.



5.    Ubah blender render menjadi cycle render  seperti gambar di bawah ini.



6.    Kemudian buat tampilan seperti gambar di bawah ini pergi ke material dan clik new.



7.    Pada tampilan note editor tekan Shift + A dan pilih texture lalu image texture



8.    Lalu pada image texture masukan gambar bunga yg berformat PNG dan di sambungkan nodenya.



9.    Pada plane ganti objek mode menjadi edit mode dengan menekan tab di keyboard dan seleksi semua.



10. Setelah itu tekan U di keyboard  dan muncul UV mapping setelah itu pilih project from view ( bounds )



11. Agar gambar format PNG nya tampil dilayar, ubah solid menjadi material seperti gambar di bawah ini.



12. Setelah itu tekan tombol W untuk memberikan subdivide pada objek plane dan isi number cutnya sebayak 10 seperti gambar di bawah ini.




13. Kembali lagi ke node editor dan sekarang kita akan menambah mix shader dan transparent BSDF dengan menekan shift + A seperti gambar di bawah ini.



14. Kembali lagi ke objek mode dan tekan 3 di keyboard untuk masuk ketampilan right ortho seperti gambar di bawah ini.



15. Tekan R untuk merotasi objek tersebut, dan isi kan nilai – 90 pada keyboard seperti gambar di bawah ini.


16. Dan setelah itu tekan tombol 3 agar tampilan tampak depan dan tampak objek bunganya


17.  Dan sekarang coba dirender dengan menekan F12, tapi sebelumnya ubah dulu view kameranya agar hasil render tampak depan dengan menekan Ctrl + Alt + 0 seperti gambar di bawah ini.



18. Hasil render.



Sampai disini dulu teman – teman tutorial yang saya berikan...saya minta maaf kalau ada kesalahan dalam  kata-kata penulisan tutorial ini....kedepanya saya akan berusaha lebih baik lagi...terimakasih dan sampai jumpa... 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar