Senin, 28 Maret 2016

Tutorial Navigasi Dasar Pada Blender 3D


Tutorial Navigasi Dasar Pada Blender 3D

Blender Interface

haloooooo...bertemu lagi dengan saya...kali ini saya akan memberikan tutorial tentang navigasi pada softwear Blender.

Blender memiliki interface yang lebih sederhana dibandingkan software 3D lain. Satu hal yang penting pada Blender adalah shortcut-nya yang bayak sekali sehingga memang agak sulit untuk menghafalnya. Dalam posting berikut saya akan meberikan beberapa dasar – dasar  menggunakan Blender.

Mengunakan Mouse

Pada  awal menggunakan software Blender ini saya sangat  kebingungan. Setelah bertanya sana sini melalui mbah google ternyata memang software Blender ini  rada rumit, tapi jangan putus asa kawan...kalau tidak begitu kita tidak bisa berkembang...hehehe..
Saya menyarankan anda harus mengunakan mouse dan tidak menggunakan touch pad pada Laptop,karena nanti kita akan menggunakan tombol tengah pada mouse itu sendiri.

  • Drag memakai tombol tengah mouse untuk navigasi 3D (semua arah)
  • Scroll mouse untuk zoom in zoom out
  • Kombinasi hold Ctrl + scrool mouse untuk navigasi arah horizontal
  • Kombinasi hold Shift + scrool mouse untuk navigasi arah vertikal
  • Tombol 0 (nol) untuk kamera
  • Klik kanan untuk memilih objek
  • Tombol G untuk Grab – Memindahkan objek, klik kiri jika sudah selesai memindahkan
  • Kombinasi tombol G + X – Memindahkan objek pada sumbu X (begitu pun untuk Y dan Z)
  • Tombol R untuk Rotation – Memutar objek
  • Kombinasi R + X – Memutar objek pada sumbu X (begitu pun untuk Y dan Z)
  • Tombol S untuk scale – Merubah ukuran objek
  • Kombinasi S + X – Memutar objek pada sumbu X (begitu pun untuk Y dan Z)

Penguasan dasar navigasi itu sangatlah penting. Pada awal  belajar saya juga merasa binggung tapi lama kelamaan kita pasti terbiasa mengunakannya. Saya menyarankan perbayaklah berlatih..

Okeee, sekian dulu tutorial dari saya dan kita bertemu lagi pada tutorial saya berikutnya...terimakasih dan semoga bermanfaat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar